Senin, 24 Januari 2011

Swiss Bangun Pelabuhan Khusus Semen di Tuban

Bhirawa
Pemerintah Swiss melalui PT Holcim Indonesia Tbk, akan berinvestasi dengan mendirikan pabrik semen dan membuat pelabuhan khusus bongkar muat semen senilai 450 Juta Dollar AS di Tuban. Dengan adanya rencana dibangunnya pelabuhan ini, pemprov Jatim siap memberikan kemudahan perzinan.
"Pemprov Jatim bersama Pemerintah Kabupaten Tuban akan membantu investor asal Swiss dengan mempermudah perizinan usaha dan ijin-injin yang lainnya," kata Gubernur Jatim Dr H Soekarwo usai menerima Presiden Direktur PT Holcim Indonesia Tbk di ruang kerja kantor Gubernur Jatim, Rabu (12/1).
Gubernur berharap kepada PT Holcim, ke depan setelah usahanya berproduksi dapat ikut membantu masyarakat miskin di daerah Tuban dan Bojonegoro sekitarnya. Kemudian, investor mau membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Tuban dan sekitarnya, serta mau ikut membangun infrastruktur di derah terpencil di daerah Tuban dan sekitarnya.
Dikatakan Soekarwo, industri semen di Jatim semakin hari semakin membaik dan diharapkan pula para pabrik semen di Jatim pada 2013-2014 terus meningkatkan produksinya dari 500 ribu ton per hari menjadi 1.000 ton per hari. Peningkatan produksi semen di Jatim tersebut akan diikuti dengan pembangunan pelabuhan bertaraf internasional di Socah Bangkalan Madura.
Sementara itu, Presiden Direktur PT Holcim Indonesia Tbk, Eamon Ginley mengatakan, kedatangannya menghadap Gubernur Jatim untuk melaporkan tentang ijin penggalian yang diperoleh dari Pemerintah Tuban yang hanya mendapat ijin 5 tahun. Padahal, menurut pemerintah pusat ijin penggalian itu bisa sampai 20 tahun. Dengan permasalahan tersebut, pihaknya bersama pimpinan PT Holcim Indonesia minta bantuan dan jalan keluar tentang perijinan galian tersebut.
Selain itu, kedatangannya menghadap gubernur untuk melaporkan tentang kekagumannya dan senang melihat perkembangan yang luar biasa di Jatim. Diantaranya, perkembangan pertumbuhan perekonomian yang cukup baik yakni 6,7 persen dan diperkirakan akan terus meningkat menjadi jadi 7,3 persen di tahun ini.
Perkembangan tersebut juga ditunjang dengan langkah-langkah perbaikan infrastruktur yang memadai di berbagai daerah khususnya Kabupaten Tuban. Dalam hal tersebut, investor asal Swiss akan melebarkan sayap investasinya dengan mendirikan pabrik semen di Tuban.
Relationship Management Director PT Holcim Indonesia Tbk, Rusli Setiawan mengatakan, setelah berinvestasi di Jawa Barat dan Jawa Tengah PT Holcim Indonesia Tbk terus mengembangkan perusahaan di Tuban. PT Holcim di Jawa Barat dan Jawa Tengah setiap tahunnya mampu memproduksi semen 8,3 juta ton. Hasil produksi di dua provinsi dipasarkan untuk konsumen semen di Pulau Jawa.
Kemudian di Tuban perusahaan dari Swiss pada 2010 mulai membangun pabrik semen senilai 450 juta dollar AS dan diperkirakan akan mulai berproduksi pada 2013. Pabrik semen di Tuban mampu menyerap 600 tenaga kerja dan menghasilkan produksi semen sekitar 1,7 juta ton per tahun. Kemudian, sebagian besar hasil produksi Semen di Tuban akan dipasarkan ke Indonesia bagian timur. [iib]

Tidak ada komentar: