Kamis, 13 Januari 2011

Sehat dan Hudanoor Hadiri Haul Langitan

Tuban. Meski sebelum acara hujan turun sangat lebat, Haul masyayikh Pondok Pesantren Langitan berjalan lancar karena saat acara dimulai hingga paripurna hujan sudah reda. Bahkan diperkirakan jumlah pengunjung Haul ke-40 kali ini jauh lebih besar dari pada haul-haul tahun sebelumnya. Menurut Panitia Haul diperkirakan lebih dari 15 ribu orang memadati area Pondok Pesantren Langitan. Para pengunjung haul ini meliputi alumni, simpatisan dan undangan lainnya seperti para masyasikh pondok pesantren, habaib dan pejabat.
Yang menarik, di tengah-tengah para undangan terlihat sebagian kontestan yang akan berlaga di Pemilukada Tuban yang akan berlangsung awal bulan Maret ini. Pasangan H. setiadjit-Bambang suharyanto (Sehat) yang diusung PKNU, PKS, Demokrat, PAN dan Patriot terlihat lebih dulu datang di arena Haul didampingi oleh Ketua DPC PKNU Tuban, Agus Maksum Faqih. Sementara pasangan Fathul Huda-Noor Nahar (Hudanoor) yang diberangkatkan oleh PKB tiba di Langitan agak belakangan.
Kedatangan kedua pasangan Pemilukada Tuban di Ponpes asuhan KH. Abdulloh Faqih ini cukup menarik perhatian massa terkait dengan dukungan Keluarga Besar Ponpes Langitan terhadap cabup-cawabup. Seorang pengurus pondok yang dihubungi mengatakan bahwa secara institusi kepondokan, Langitan tetap netral tidak memihak kepada salah satu calon. Menurutnya, mengenai dukungan PKNU yang merupakan partai yang didirikan di Pondok Pesantren Langitan kepada Sehat, masyarakat Tuban tentu bisa berpikir dan memberi penilaian sendiri bahwa tidak mungkin pengurus DPC PKNU Tuban menjatuhkan pilihan dukungan tanpa pertimbangan kiai. “Tapi yang saya dengar bahwa beliau secara pribadi tidak memperlihatkan dukungannya secara terbuka.” Ujar salah satu pengurus Langitan.
Sementara Agus Maksum yang juga putra KH. Abdullah Faqih mengatakan bahwa memang pondok sebagai lembaga pendidikan agama tentunya netral dan membolehkan kepada semua calon untuk ikut hadir di acara Haul. Namun Gus Maksum menegaskan, jika keluarga besar Pondok Pesantren Langitan akan berpolitik sudah ada wadahnya melalui PKNU. “Pondok Langitan netral, tapi kalau masuk dalam ranah politik tentunya wadahnya ya PKNU ini,” tegasnya. (*)

Tidak ada komentar: