Sabtu, 15 Januari 2011

Haul, Ajang Silaturahmi Alumni Langitan

DUTA MASYARAKAT, 15 Januari 2011
Rangkaian kegiatan Haul Masyayikh Pondok Pesantren Langitan, telah dilakukan sejak sehari sebelumnya. Mulai dari Khotmil Qur’an bil ghoib dan Nadzor, pengobatan herbal dan medis gratis, ziarah kubur, bershalawat. Sedang acara puncak adalah pengajian umum.

”Ya ini puncak acara, dan sebelumnya sudah dilakukan kegiatan lainnya,” ungkap H. Agus Ahmad Alawi, Ketua Panitia Haul yang juga cucu pengasuh Ponpes.

Para alumni yang sudah banyak mendirikan pondok pesantren, menjadi pengusaha maupun bidang lainnya, banyak datang dengan keluarganya. Selain wujud nyata bentuk penghormatan juga sebagai sarana komunikasi antaralumni.

”Ya saya ke sini tidak dengan keluarga, tapi tadi saya ijin tidak bekerja untuk datang ke sini. Dan banyak tadi alumni dari Kalimantan maupun daerah-daerah lainya,” kata Mutohar, alumni Langitan asal Kec. Semanding, Kab. Tuban ini.

Yang tidak kalah menarik adalah datangya dua kandidat cabub-cawabub yang akan berlaga dalam Pemilukada Kab. Tuban Maret mendatang. Kedua pasangan adalah Setiadjit-Bambang Suhariyanto (SEHAT) dan Fathul Huda-Noor Nahar Husain.

SEHAT datang lebih dahulu di lokasi acara, dengan didampingi H. Agus Machsoem, Ketua DPC PKNU Tuban yang juga putra KH. Abdullah Faqih (pengasuh ponpes).

”Haul ini netral untuk siapa saja, dan pondok juga untuk semua, tapi soal politik sudah jelas kalau PKNU mengusung SEHAT,” ungkap Gus Machsoem sebelumnya.

Di tempat terpisah, H. Agus Ahmad Alawi, Ketua Panitia Haul yang juga putra KH. Ubaidillah Faqih ini membenarkan atas kedatangan dua pasangan calon bupati-wakil bupati. ”Ya benar ada dua pasangan, pak Setiadjit dan pak Huda. Keduanya dengan pasanganya,” jelasnya.

Kedatangan para kontestan Pemilukada Kabupaten Tuban ini tidak atas undangan dari panitia. Melainkan atas kemauan sendiri sebagai wujud menghormati acara Haul, ”Mereka datang untuk menghormati acara haul, memang haul terbuka untuk semua,” imbuhnya.

Para masyayikh serta para habaib yang hadir di antaranya Habib Ali Al-Habsyi (Imam Masjid Agung Sunan Ampel), KH. Sholeh Qosim dari Sepanjang. Dan tokoh politisi PKNU Drs. H Choirul Anam (Ketua Umum DPP PKNU) beserta jajaranya nampak memenuhi acara kiai sepuh ini.

* cmm

Tidak ada komentar: