Minggu, 17 Oktober 2010

PKNU pastikan Muktamar I di Kapal Pesiar

SURYA - Muktamar DPP Partai Kebangkitan Nahdlatul Ulama (PKNU) dipastikan bakal berlangsung unik dan melelahkan. Karena Muktamar I PKNU tersebut rencananya digelar di atas kapal laut yang akan mengarungi Laut Jawa dengan mengambil jalur perairan Bangkalan-Jakarta, 12-14 Desember 2010.
Ketua DPW PKNU Jatim Arif Djunaidi menjelaskan, rencana mengadakan muktamar di atas kapal itu merupakan hasil keputusan tanfidziyah dan dewan syuro DPP PKNU.
“Ini bukan sekedar rencana, karena ini sudah menjadi keputusan tanfidz dan dewan syuro DPP,” terang Arif di sela acara Orientasi Legislator se-Jatim di Hotel Oval Surabaya, Sabtu (16/10). “Panitia muktamar juga sudah menyewa kapal penumpang milik PT Pelni,” imbuh Arif.
Lebih jauh dijelaskan bahwa kapal yang akan disewa PKNU selama tiga hari tersebut berkapasitas 7.000 penumpang. Sedangkan jumlah peserta muktamar hanya sekitar 4.000 orang.
Seluruh peserta muktamar dari seluruh Indonesia berkumpul di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jatim, pada 12 Desember untuk mengikuti acara pembukaan. Setelah itu peserta naik ke kapal guna mengikuti semua acara muktamar.
“Mulai pertanggungungjawaban, sidang-sidang yang lainnya hingga pemilihan ketua umum akan dilakukan di atas kapal,” tandasnya.
Setelah menempuh perjalanan sehari, kapal yang membawa peserta muktamar akan transit di Semarang, Jawa Tengah. Di sana peserta mengadakan bakti sosial dengan membagikan sekitar 5.000 dus mie instan kepada kaum dhuafa, sebelum melanjutkan perjalanan menuju Jakarta.
Tujuan mengadakan muktamar di kapal tersebut di antaranya untuk mengikuti sejarah para kiai dahulu. Menurutnya, para Wali Songo dulu juga sering mengadakan rapat penting di atas perahu. Oleh karenanya, muktamar di atas kapal bisa dikatakan sebuah napak tilas.
Di sisi lain, PKNU sangat menyadari sosialisasi soal maritim sangat minim. Dengan kegiatan itu PKNU berharap ikut berperan mengoptimalkan sosialisasi kemaritiman.
Sementara itu, Wakil Ketua DPW PKNU Jatim Hidayat mengatakan, kegiatan orientasi legislator se-Jatim kemarin merupakan rangkaian acara menjelang Muswil PKNU Jatim yang akan diadakan di Tuban, 28 Oktober 2010.
“Acara ini untuk pembekalan kader yang baru menjadi anggota legilatif agar bisa bekerja lebih profesional,” tandasnya.

Tidak ada komentar: