Rabu, 06 Oktober 2010

Bakal Calon Bupati Fatchul Huda Mengelak Lagi, PKB Makin Kebingungan Usung Cabup

kotatuban.com-Calon bupati Tuban dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sampai saat ini belum jelas. Pengurus PC NU Tuban yang mengadakan acara Halal-bilhalal Akbar yang dihadiri tokoh-tokoh NU nasional, bakal calon bupati dan tokoh berbagai partai juga masih mengambangkan pencalonan bupati dari kader NU.
Bahkan ketua PCNU Tuban, Fatchul Huda secara tersirat tidak mencalonkan dirinya dengan mengatakan tidak selalu ketua NU harus jadi bupati. Namun ia juga tidak menunjuk siapa yang bakal dicalonkan oleh NU, apalagi menunjuk kader PKB secara terang-terangan.
Dengan statement tersebut, banyak nahdiyin yang kecewa dengan sikap pimpinannya yang masih saja menyembunyikan calonnya sementara pendaftaran calon tinggal 40 hari lagi. “Ini tentu saja tidak bagus dalam proses demokratisasi karena seperti tidak ada kader di lingkungan NU atau PKB,” kata seorang kader PKB yang juga warga NU ini.
Ketua DPW PKB Jatim, Imam Nachrawi yang dikonfirmasi tentang sikap DPC PKB maupun PC NU yang masih menunda-nunda calonnya, mengatakan inilah politik. “Jangan dilihat dari permukaan, pasti ada strategi dari tokoh-tokoh NU maupun PKB yang disembunyikan,” kata Imam di Sidoarjo.

“Yang penting, PKB kali ini ingin menang dan calonnya bisa jadi bupati Tuban,” tegasnya. Bahkan ia menunjuk nantinya ‘Tim Tujuh’ akan betul-betul-betul memilih calon yang punya potensi menghimpun suara sebanyak-banyaknya dalam Pemilukada awal Maret 2011.
Tim Tujuh gabungan dari DPC, DPW dan DPP akan turun langsung melihat potensi calonnya dan mendukung total kendati nantinya harus berkoalisi dengan partai lainnya.
Imam sendiri sementara ini menyerahkan PC NU dan DPC PKB Tuban untuk mencalonkan jagonya dan pasangannya yang betul-betul mendapat dukungan rakyatnya.
Ditanya tentang pertemuan besar NU Tuban yang dikemas dalam acara Halal bilhalal, namun belum memunculkan calon, Imam menyebut tidak harus pada acara tersebut.
Namun ia menunjuk bahwa calon pemimpin di Tuban ini bisa jadi orang di luar pengurus NU atau PKB tetapi punya potensi besar yang dipilih oleh warga NU dan tentu saja didukung oleh PKB.
“Tunggu saja, pasti kami tidak akan mengecewakan karena kali ini PKB ingin menang,” kata Imam Nachrawi.(as/achonk)

Tidak ada komentar: