Selasa, 01 Februari 2011

PKB, PKNU dan PPP Diajak ke Makam Pendiri NU

SURABAYA | SURYA- Kehadiran tiga parpol akan mewarnai acara ziarah makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asyari yang akan digelar panitia Harlah ke-85 NU Jatim, Minggu (30/1) lusa. Makam KH Hasyim Asyari berada di Pesantren Tebuireng Jombang, satu kompleks dengan makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang merupakan cucuk KH Asyari.

Ketiga parpol yang diundang: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Semuanya untuk level kepengurusan wilayah (provinsi). “Ini permintaan para kiai,” jelas Ahmad Rubaidi, Ketua Panitia Harlah, Kamis (27/1).

Alasan mengundang, lanjut Rubaidi, ketiga parpol tersebut dinilai memiliki basis dukungan NU. “Ziarah diharapkan menjadi refleksi bersama bagi semua warga NU, termasuk yang ada di partai tentang pentingnya nilai-nilai perjuangan NU yang digariskan pendiri NU,” ujarnya.

Rubaidi memastikan PWNU tidak akan membuat skenario politik untuk pimpinan ketiga parpol selama berlangsungnya acara ziarah.

Rangkaian Peringatan Harlah NU telah dimulai dengan pengobatan gratis, Kamis (27/1) - Sabtu (29/1). Kemudian diteruskan pembagian sembako dan puncak harlah ditandai dengan tasyakuran tepat di hari lahir NU, 31 Januari. Hajatan di PWNU Jatim ini akan diisi dengan peluncuran sejumlah program NU Jatim, seperti Aswaja Centre dan lain-lain.nian

Tidak ada komentar: