Senin, 27 September 2010

Baru Setiadjit dan Haeny yang Pastikan Maju dalam Pilkada Tuban

Dengan makin mepetnya waktu pendaftaran cabub-cawabub tuban dalam Pilkada Tuban yang sedianya digeber 1 Maret 2011 mendatangnya, nampaknya calon-calon yang meramaikan agenda lima tahunan itu belum ada mengerucut menjadi sebuah pasangan.

Melihat perkembangannya, semua calon Bupati Tuban sampai saat ini masih kebingungan mencari pasangannya, bahkan lebih celaka lagi mereka juga belum mempunyai kendaraan yang pasti untuk mendaftarkan diri ke KPU. Hanya Haeny dan Setiadjit aja yang relatif sudah agak mengerucut yaitu Haeny yang pasti akan maju sebagai cawabub dari partai Golkar. Sementara Setiadjit yang saat ini jadi Bakorwil bojonegoro akan berangkat sebgai Cabub dari PKNU, PKS dan PAN sertai partai koalisi lainnya.

Kondisi ini cukup mengherankan karena kendati belum dibuka pendaftaran calon bupati dan wakilnya, biasanya hari-hari begini sudah ada deklarasi. Apalagi pendaftaran calon dibuka KPU tanggal 28 Oktober 2010 untuk perseorangan dan 24 Nopember 2010 untuk pasangan dari partai, sehingga tinggal 30 dan 60 hari lagi.

Di daerah lain 3 bulan menjelang pendaftaran calon bahkan kadang 6 bulan sebelumnya sudah diketahui siapa berpasangan dengan siapa, dan mereka sudah melakukan pengenalan pasangan calon yang diusungnya.

Menurut ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban, Soemito Karmani, pengumuman pencalonan kepala daerah dan wakilnya, dilakukan tanggal 28 Oktober sampai 1 Nopember 2010. Pada tanggal itu juga para calon perseorangan (independen) menyerahkan dokumen dan rekapitulasi dukungan.

Kemudian pada tanggal 24 Nopember 2010 dilanjutkan dengan pendaftaran calon sampai 30 Nopember 2010. Setelah diadakan penelitian apakah calon memenuhi syarat, pasangan yang boleh maju dalam Pemilukada diumumkan tanggal 4 Januari 2011. Sedang penetapan dan nomor urut serta pengumuman resmi pasangan yang maju, pada tanggal 6 Januari 2011.

Tidak ada komentar: